7 Mitos yang Salah Tentang Teknologi

Teknologi
Teknologi
  • Laptop Macbook Bebas Virus

Macbook
Macbook

Seberapapun canggihnya MacBook buatan Apple, gadget ini juga rentan terserang malware ataupun virus. Awalnya Apple memang cukup optimis mengatakan bahwa laptop miliknya itu memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan perangkat jenis lainnya. Namun kini pernyataan tersebut hanyalah sebuah mitos, pada tahun 2012 ribuan laptop MacBook dilaporkan terjangkit virus Trojan.

 

  • Riwayat Browsing Bisa Disembunyikan

Riwayat Browsing
Riwayat Browsing

Banyak pengguna yang menganggap bahwa dengan menyalakan fitur seperti Incognito ( di Google Chrome ) atau Private ( di Safari ) mampu menyembunyikan riwayat browsing penggunanya dan membuatnya tidak terdeteksi. Namun faktanya fitur-fitur tersebut tetap akan merekam jejak browsing Anda, hanya saja tidak ditampilkan secara rinci pada perangkat yang Anda gunakan.

  • Mengisi Baterai Berlebihan Bisa Merusak Perangkat

 

Charging
Charging

Mitos ini telah Ada sejak jaman handphone Nokia murah masih merajai pasar dunia. Namun pada kenyataannya secara teknis pendapat tersebut tak dapat dibuktikan. Sebab, berbagai ponsel modern yang saat ini beredar di pasaran sudah dibekali baterai jenis lithium-ion, yang secara otomatis dapat menghentikan proses pengisian daya bila baterai sudah terisi penuh.

  • Resolusi Menentukan Kualitas Kamera

    Resolusi Kamera
    Resolusi Kamera

    Banyak orang yang hingga kini beranggapan bahwa semaki tinggi megapiksel kamera smartphone, maka semakin baik pula foto yang dihasilkan. Ini adalah pendapat yang salah. Faktanya, semakin baik pula foto yang dihasilkan. Ini adalah pendapat yang salah. Hasil gambar tergantung pada pencahayaan yang berhasil ditangkap kamera tersebut. Namun biasanya memang sensor cahaya yang lebih besar akan disajikan dengan resolusi megapiksel yang besar pula.

  • Jangan Charge Sebelum Baterai Habis

     

 

Batre
Batre

Mitos ini juga telah beredar lama di kalangan pengguna ponsel. Padahal faktanya justru menunjukkan hasil sebaliknya. Jika menunggu habis, baterai justru akan lebih bekerja keras untuk kembali ke kondisi normal. Siklus pengisian daya akan menjadi lebih baik jika tidak dibiarkan habis terlebih dulu.

  • Resolusi Layar Lebih Besar, Tampilan Lebih Menarik

    Resolusi Layar
    Resolusi Layar

    Para produsen handphone berlomba-lomba menciptakan smartphone beresolusi tinggi. hal ini karena masyarakat berpikir bahwa resolusi layar lebih besar, tampilan lebih menarik. Seorang ahli mengatakan, mata manusia tidak dapat membedakan detail tampilan lebih dari 300 pixel per inch ( ppi ). Ini artinya, seberapa pun besar resolusi yang disematkan pada layar perangkat, mata manusia tidak dapat membedakannya secara detail. Contohnya, Anda tidak akan bisa membedakan resolusi yang diusung LG G3 dan Samsung Galaxy S5. Keduanya terlihat sama saja kendati keduanya memiliki resolusi yang berbeda.

  • Jangan Shutdown Komputer Tiap Hari

    Komputer
    Komputer

    Beberapa orang percaya bahwa mematikan komputer setiap hari akan merusak komponen komputer. Padahal menurut laman Lifehacker, komputer memang sangat butuh dimatikan secara berkala. Secara teknis terbukti bahwa ada beberapa komponen yang memang perlu diistirahatkan agar lebih awet.

Sumber :keepo.me