Ilmuwan Bikin Teknologi Komunikasi ‘Telepati’

Ilustrasi-Telepati
Ilustrasi Telepati

CAMBRIDGE – Ilmuwan dari Harvard University menampilkan sebuah teknologi yang diklaim mampu mentransfer informasi dari satu orang ke orang lain menggunakan konsep telepati. Ini dapat dilakukan menggunakan teknologi elektromagnetik dengan bantuan alat bernama Elektroensefalografi (EEG).

Sebuah percobaan dilakukan untuk menguji metode tersebut. Seseorang dipasangkan alat Elektroensefalografi (EEG), kemudian  diminta untuk memikirkan satu ucapan sederhana seperti kata ‘halo’ atau yang lainnya. 

Kemudian komputer yang terpasang di EEG, mulai bekerja dengan menerjemahkan apapun yang melintas dalam fikiran orang tersebut menggunakan sebuah kode ‘binner’ digital (terdiri dari 0 dan 1) sebelum mengirim pesan ke orang lain yang dituju. 

Setelah pesan dikirim pada orang yang dituju, penerima pesan itu seakan mengalami kilatan cahaya di tepian penglihatan mereka yang diakibatkan oleh simulasi otak non-invasif.

Namun, sang penerima pesan ini dilaporkan tidak melihat atau mendengar cahaya apapun, tetapi entah bagaimana mereka mampu menafsirkan pesan yang dimaksud dengan benar. 

Giulio Ruffini, seorang ahli fisika teoritis mengatakan, ini adalah jenis teknologi yang mampu merealisasikan konsep telepati yang selama ini dianggap aneh dan ajaib, tetapi hal ini ilmiah. 

“Kami menggunakan teknologi elektromagnetik untuk berinteraksi dengan otak,”kata Ruffini seperti dikutip Ubergizmo, Jumat (5/9/2014). 

Sumber : Okezone