Penyebab Masalah Samsung Galaxy Note 7 telah diungkap

Image result for galaxy note 7

Samsung dikabarkan berencana untuk mengungkap hasil investigasi mengenai masalah yang terjadi pada Galaxy Note 7 pada akhir tahun ini.

Namun sebelum itu, perusahaan bernama Instrumental asal California lebih dulu mengungkap hasil studi yang dilakukan untuk menemukan penyebab Galaxy Note 7 meledak.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (5/12/2016), penyebab utama sejumlah Galaxy Note 7 meledak adalah desain dari smartphone tersebut. Menurut CEO Instrumental Anna Shedletsky, desain ruang baterai pada smartphone yang terlalu kecil membuat kemungkinan pertemuan kutub positif dan negatif mudah terjadi.

Keadaan ini membuat elektrolit yang cepat bertemu tersebut membuat baterai menjadi panas berlebih sehingga menimbulkan ledakan. Samsung sendiri memang tak menampik desain yang diusung pada Galaxy Note 7 lebih agresif.

Sebagai informasi, tak seperti Galaxy S7 yang melengkung ke satu sisi, Galaxy Note 7 memiliki desain layar simetris. Jadi, bagian depan dan belakang smartphone dibuat sama-sama melengkung dan bertemu di bagian tengah ponsel.

Kondisi itu juga dapat dipicu lebih cepat apabila smartphone berada dalam keadaan terhimpit, semisal diletakkan pada kantong belakang saat pengguna duduk. Di sisi lain, karena ingin membuat bodi ponsel lebih tipis, baterai tersebut dibuat untuk menyimpan lebih banyak daya.

Untuk sementara, studi ini belum dapat memastikan apakah baterai juga menjadi penyebab sejumlah perangkat meledak. Sebab, penelitian untuk baterai membutuhkan waktu lebih lama dan harus menggunakan ribuan baterai untuk memberikan hasil yang lebih akurat.

Namun tak tertutup kemungkinan proses inovasi manufaktur baterai Samsung mengalami perubahan selama proses pengembangan. Karenanya, versi baterai terbaru yang digunakan pada Galaxy Note 7 kemungkinan tak mengalami pengujian yang sama seperti baterai perdana.

Samsung sendiri disebut memiliki alasan dalam menghadirkan desain Galaxy Note 7 berbeda. Menurut Instrumental, desain dan proses validasi untuk produk baru merupakan hal menantang. Hal itu juga terjadi pada Samsung, tapi proses uji coba dan validasi produk membuat perusahaan itu gagal.

Hasil temuan ini memang tak jauh berbeda dari sejumlah analisis dan prediksi mengenai penyebab sejumlah Galaxy Note 7 meledak. Namun untuk mengetahui hasil resmi, diperkirakan Samsung akan mengungkapkan temuan internal pada akhir 2016.