Smartphone Tanpa Bezel yang Rilis di 2017 (1)

Strategi Leica Pasarkan Kamera Premium di Indonesia

Leica M10 (Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA – Produsen kamera asal Jerman Leica memang terkenal akan produknya yang berada level Premium. Rentang harga yang disajikan kepada konsumen bisa dibilang fantastis bernilai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Menyadari berada di pasaran yang secara khusus tersebut, Leica Store Indonesia mengaku tak memasang target untuk memasarkan produknya. Menurutnya Leica memiliki model bisnis yang berbeda dengan tidak mengacu pada jumlah market share.

“Saya kira Leica bukan mencari market share karena model bisnisnya berbeda. Soal target jual pun juga saat ini belum ada,” kata Direktur Leica Store Indonesia Bernard F Suwanto di acara perilisan Leica M10 di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Ia juga sempat mengatakan jika strategi pasar yang dijalankannya saat ini dengan mengandalkan loyalitas konsumennya dengan turut memperbarui fitur kamera, seperti penambahan WLAN di Leica M10.

Leica Store sendiri diketahui baru beroperasi selama dua tahun di Indonesia. Oleh karena itu Bernard masih belum mau menjawab soal jumlah pengguna dan persentase pasarnya di Tanah Air.

Ia pun mengungkap bahwa saat ini pihaknya masih belum berencana membuka penjualan di toko-toko online layaknya produsen kamera lain seperti Sony, Fujifilm, Olympus, Canon dan Nikon.

Menurutnya hal itu dapat terjadi secara alami jika terdapat permintaan pasar yang mengharuskannya membuka secara online. Dengan demikian, untuk sementara ini pihaknya hanya menjual produk di toko Leica Store.

“Toko online berjalan secara natural jika ada permintaan dari pasar. Karena kami sendiri bertugas mendistributorkan melalui Leica Store. Jadi ya sementara Leica Store dulu,” terangnya.

Sb